--> Skip to main content

Fakta Demo 4 November

Ada sejumlah fakta menarik dalam demontrasi besar-besaran hari ini, Jumat (4/11/2016). Aksi yang diikuti ratusan ribu umat Islam ini berjalan begitu damai dan rapi. Udara Jakarta yang biasanya panas dan lembab di lokasi demonstrasi justru terasa sejuk. Padahal, ratusan ribu pendemo dari Jakarta dan sejumlah daerah tumplek blek memadati seputar wilayah Jalan Medan Merdeka Timur, Jalan Medan Merdeka Selatan, Jalan Medan Merdeka Barat, dan Jalan Medan Merdeka Utara.

Sebelumnya, Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memprediksi hari ini hujan lebat. Namun, faktanya cuaca di Jakarta hanya sedikit berawan. 

Tidak hanya itu, makanan dan minuman selama aksi demonstrasi terus mengalir. Mulai dari nasi kotak, roti, air mineral hingga permen semua tersedia.

”Subhanallah, udaranya adem banget mengiringi para mujahidin yang lagi demo,” kata Maulita, salah seorang aktivis demonstrasi.

Para pendemo juga dengan tertib memungut sampah-sampah bekas minuman dan makanan. Mereka pun saling mengingatkan untuk tidak menginjak taman-taman di sepanjang jalan. 

Seorang warga Dwinarto mengaku terharu dengan begitu kompaknya umat muslim di Indonesia. ”Saya merinding, begitu damai dan kompaknya umat muslim,” ujar warga Depok, Jawa Barat, saat melakukan aksi.




Tranding Topik Dunia
Demonstrasi besar-besaran pada 4 November diharapkan dapat berlangsung aman dan damai. Itu pula yang menjadi keinginan para netizen yang mengumandangkan tagar #aksidamai411 ataupun #JakartakuDamai.

Pantauan detikINET di Twitter, tagar #aksidamai 411 tersebut saat ini ada di posisi empat trending topic dunia. Berarti cukup banyak netizen yang memposting topik tersebut di Twitter.

"Tweeps, harap berhati2 dlm menyebarkan informasi. Hanya sebarkan info yg sudah terkonfirmasi. Mari gunakan medsos dgn bijak #AksiDamai411," begitu tulis akun resmi Twitter Indonesia untuk menyebarkan tagar #aksidamai 411.

"Semoga berjalan lancar dan damai #AksiDamai411 #demo4november #JumatDamaiBersamaRakyat," tulis seorang pengguna Twitter.

"#AksiDamai411 semoga yg ikut demo pulang ke rumah dengan selamat dan tetap tertib," tulis pengguna Twitter yang lain.
Aksi Damai 4 November Jadi Trending Topic DuniaFoto: Twitter

"Semoga Allah memberikan kekuatan dan perlindungan untuk kita semua, jaga wudhu dan jangan tinggalkan sholat akhii ukhtii #AksiDamai411," begitu salah satu tulisan di linmasa Twitter.

Sebelumnya, hashtag #jakartakudamai sempat pula menembus papan atas trending topic Indonesia. "Yang hari ini mau demo..silahkan, namanya juga demokrasi. Yang hari ini mau tetap bekerja..silahkan, namanya juga ibadah. #JakartakuDamai," tulis seorang user

"Hari ini kita perkuat disiplin Ummat. Jangan anarki, jgn caci-maki. Jaga kebersihan & keindahan kota #JakartakuDamai," 

Banyak pula foto atau gambar disertakan mengiringi postingan dengan tagar tersebut. Saat ini, ribuan massa sudah berkumpul untuk melakukan aksi demo di Jakarta Pusat.

Awan Berlafadzh Allah
Jumat, 4 November 2016 menjadi hari yang ditunggu-tunggu juga mendebarkan bagi sebagian besar masyarakat Indonesia. Alih-alih diperkirakan akan muncul demo yang anarki, namun hingga saat ini demo atau aksi damai yang dilakukan jutaan umat islam dari beberapa wilayah di Indonesia ini berjalan damai.

Ditengah-tengah kehebohan pemberitaan demo 4 November yang berlangsung di Jakarta, pengguna Twitter dikejutkan dengan sebuah foto menarik.
Foto tersebut diyakini banyak netizen merupakan langit yang yang membentuk lafadz Allah.
Bahkan akun Twitter milik Gibaran Rakabuming yakni Chilli_Pari meretweet foto trsebut.
Netizen pun ramai-ramai memberikan komentarnya dengan ucapan 'Subhanallah..Allahu Akbar'
Berikut ini foto langit yang diyakini berlafadz Allah oleh netizen.


maszain

Aksi damai 4 November yang dilakukan jutaan umat Islam dari berbagai wilayah di Indonesia ini jadi trending topik di Twitter dan beritanya terus dipantau oleh masyarakat Indonesia.
Dilaksanakan tepat pada hari Jumat, umat Islam yang mengikuti aksi demo inipun tak lupa untuk mengerjakan solat Jumat bersama bahkan dengan aparat polisi yang menjaga keamanan.

sumber:
metro.sindonews.com
inet.detik.com
solo.tribunnews.com
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar