--> Skip to main content

Jurusan Paling Diminati

Kuliah merupakan suatu hal yang sangat sakral bagi penuntut ilmu. Karena, dengan berkuliah kita mampu mewujudkan apa yang selama ini kita harapkan dan menjadi cita - cita kita. 

Namun di samping itu, kita perlu mengetahui seberapa besar potensi kita untuk menggapai keinginan kita tersebut sejak dini. Supaya, ketika kuliah nanti kita tidak salah dalam memilih jurusan dan itu bisa berakibat fatal bagi masa depan kita.

Jurusan dalam suatu Universitas menjadi sangat populer di kalangan SMA, khususnya kelas 12 karena sebentar lagi mereka akan mejadi bagian dari mahasiswa itu sendiri. Sehingga tidak salah jika banyak orang masih bingung dalam memilih jurusan. 

Dari berbagai macam jurusan yang ada berikut adalah jurusan - jurusan yang paling diminati oleh Mahasiswa di Indonesia.


1. Teknologi Informasi / Ilmu Komputer (IPA)

Inilah jurusan paling diminati oleh calon mahasiswa dewasa ini. Jurusan ini memiliki dua nama yang berbeda sesuai dengan perguruan tingginya. Seperti contohnya Ilmu Komputer di UI dan Teknik Informatika di ITB. 

UI mengambil nama Ilmu Komputer karena berkiblat ke Amerika Serikat yang memiliki istilah “computer science”, sementara itu ITB berkiblat ke Eropa khususnya Prancis yang memiliki istilah “informatics”. Secara garis besar, keduanya sama meskipun mata kuliahnya tidak persis 100%.

Jurusan ini cocok bagi seorang math freak, seseorang yang suka mengulik sistem bilangan biner dan kode-kodean memakai teknik kriptografi. Jurusan ini memiliki banyak mata kuliah yang fokus ke pemrograman dan pengembangan software aplikatif.

Peringkat perguruan tingginya adalah ITB, UGM, UI, ITS, IPB, dan Universitas Riau.

2. Akuntansi (IPS)

Akuntansi merupakan proses menelusuri transaksi keuangan dari suatu perusahaan. Selama dimana ada transaksi keuangan, perusahaan perlu melacak keluar masuknya aliran dana mereka untuk menentukan rugi laba yang diperoleh. 

Hal ini sangatlah penting dalam menilai kemajuan dalam suatu perusahaan.

Masuk jurusan akuntansi, keteraturan dan ketertiban akan menjadi tonggak keberhasilan dalam menjalankan fungsi-fungsi akuntansi, sehingga akan diarahkan agar dapat menyajikan laporan keuangan sesuai dengan periodenya (prinsip matching), dan selalu diingatkan agar dapat menyimpan (mendokumentasikan) bukti-bukti seluruh transaksi secara lengkap, rapi dan berurutan.

Peringkat perguruan tingginya adalah UGM, Politeknik Keuangan Negara STAN, UI, Universitas Airlangga (Surabaya), Universitas Brawijaya (Malang), Universitas Padjadjaran (Bandung), Universitas Diponegoro Semarang, Universitas Hasanudin, Universitas Andalas, dan Universitas Sumatera Utara.

3. Hukum (IPS)

Jurusan atau lebih tepatnya fakultas hukum merupakan salah satu favorit bagi calon mahasiswa. 

Selain menjadi hakim, jaksa, atau pengacara, lulusan hukum akan bekerja sebagai notaris, legal officer, konsultan hukum, in house lawyer perusahaan, pejabat negara (diplomat dan konsuler, pajak, keuangan, imigrasi, dsb), pejabat pemerintahan (Pemprov dan Pemda), dosen, jurusita, mediator, consultaner dan masih banyak lagi.

Selain itu, lulusan hukum masih bisa melamar di bank sebagai ODP, PPS, MT atau diperusahaan swasta sebagai HRD dan marketing. Sebagai lulusan hukum apalagi dari PTN, pasti dipertimbangkan oleh perusahaan yang membuka lowongan pekerjaan.

Peringkat perguruan tingginya adalah UI, UGM, Universitas Padjadjaran, Unair, Undip, Unibraw, Unhas, USU, Unand dan Unsri.

4. Kedokteran Umum (IPA)

Menjadi dokter mungkin adalah jawaban paling umum dari anak-anak ketika ditanya cita-cita ketika besar nanti, selain polisi, tentara, dan presiden. 

Barangkali itulah yang menyebabkan kedokteran umum menjadi jurusan paling diminati calon mahasiswa meskipun pandangan umum mengatakan bahwa menjadi dokter itu susah, lama masa pendidikannya, dan, utamanya, biayanya yang mahal. 

Bagi yang ingin menjadi dokter, pandangan umum tersebut bisa menjadi tidak terbukti karena ada banyak mahasiswa yang telah mendapatkan beasiswa.

Para calon mahasiswa kedokteran ada baiknya mempersiapkan manajemen waktu yang baik serta menjaga badan dan stamina karena waktu belajarnya yang menyita waktu. 

Hal-hal yang dipelajari jurusan kedokteran secara umum adalah anatomi, fisiologi, farmakologi, patologi, ilmu bedah, forensik, dan attitude.

Peringkat perguruan tingginya adalah UGM, Unpad, Unair, Undip dan Unibraw, USU, Unhas, Unand, dan Unsri.

5. Komunikasi (IPS)

Komunikasi merupakan ilmu yang memiliki banyak cabang diantaranya yaitu broadcasting, jurnalistik, public relations, advertising, manajemen media, komunikasi pemasaran, komunikasi massa, komunikasi bisnis, dan sebagainya. 

Biasanya, bila memilih salah satu dari cabang Ilmu Komunikasi tersebut, mahasiswa tidak hanya akan menjadi ahli pada cabang tersebut namun juga akan paham cabang – cabangnya yang lain.

Prospek kerja lulusan ilmu ini lumayan beragam mulai dari broadcaster/tenaga di dunia penyiaran, jurnalis, announcer dan presenter, master of ceremony (mc), public relation officer atau hubungan masyarakat, event organizer, praktisi periklanan, dan marketing communication; sehingga tidak heran jika komunikasi menjadi salah satu jurusan paling diminati.

Peringkat perguruan tingginya adalah UI, UGM, UNPAD, Unair, Undip, Unhas, USU, Universitas Sam Ratulangi, dan Unila.

6. Desain Komunikasi Visual (IPA / IPS)

Jurusan yang sering disingkat menjadi DKV, Deskomvis atau gaulnya DKVer ini merupakan jurusan paling diminati terutama bagi para calon mahasiswa yang tinggal di perkotaan. 

DKV merupakan seni berkomunikasi dengan menggunakan bahasa rupa untuk menyampaikan suatu pesan dan disampaikan melalui media yang bertujuan menginformasikan, mempersuasi, mempengaruhi, hingga merubah perilaku sasaran sesuai dengan yang diinginkan. 

Selama kuliah yang dipelajari mahasiswa adalah seni rupa modern baik itu modelling, fotografi, iklan, ilustrasi, dan sebagainya. 

Lapangan pekerjaan yang menampung lulusan DKV antara lain Biro Desain, Biro iklan, Percetakan & penerbitan, Rumah produksi, Animasi, Pertelevisian, dan sebagainya.

Peringkat perguruan tingginya adalah ITB, UGM, Unpad, Sekolah Tinggi Desain Indonesia (STDI), Institut Seni Indonesia (ISI), Universitas Negeri Semarang (Unnes), dan Universitas Negeri Sebelas Maret (UNS).

7. Psikologi (IPA / IPS)

Salah satu alasan calon mahasiswa memilih jurusan psikologi adalah ingin lebih mengenal dirinya sendiri. Tidak ada yang salah dengan hal itu, bahkan mungkin dapat menjadi motivasi agar selalu bersemangat dalam perkuliahan. 

Profesi setelah lulus pun cukup beragam dan menjanjikan, diantaranya Compensation and Benefit officer, Recruitment officer, Organization Development (OD) officer, Training and Development (TD) officer, Konselor, Terapis Anak Berkebutuhan Khusus, Trainer seperti Mario Teguh, Konselor karier, dan psikolog olahraga.

Peringkat perguruan tingginya adalah UGM, UI, Unpad, Undip, Unair, Unibraw, USU, Unnes, dan Universitas Negeri Surabaya.

8. Manajemen (IPS)

Jurusan paling diminati berikutnya adalah manajemen. Jurusan ini mempelajari mengenai tanggung jawab dalam pengelolaan sebuah perusahaan atau organisasi, yang secara singkat merupakan sebuah cabang dari ilmu bisnis. 

Mata kuliah manajemen biasanya diajarkan pada jurusan bisnis dan ekonomi, namun banyak universitas di dunia yang menetapkannya sebagai satu jurusan yang berdiri sendiri.

Lulusan jurusan ini banyak bekerja pada manajemen proyek atau manajemen organisasi yang bertanggung jawab untuk memastikan keamanan investasi, mengelola anggaran, memastikan kelayakan standar kesejahteraan karyawan dan mengalokasi sumber daya yang terbatas untuk mendapatkan hasil yang semaksimal mungkin.

Peringkat perguruan tingginya adalah UI, UGM, Unpad, Unair, Undip, Unibraw, Unhas, Unand, USU, dan Universitas Jenderal Soedirman.

9. Hubungan Internasional (IPS)

Hubungan internasional berkaitan erat dengan bagaimana menjalin hubungan antar negara – negara dengan baik dan harmonis, menghasilkan hubungan bilateral yang saling menguntungkan dengan mengedepankan isu – isu umuum seperti sosial, ekonomi, hukum, dan politik. 

Prospek kerjanya pun cukup menggiurkan, diantaranya adalah duta besar / diplomat, International Officer, peneliti, politisi, jurnalis atau wartawan, akademisi / dosen, dan konsultan internasional.

Peringkat perguruan tinggi jurusan paling diminati posisi ke 9 ini adalah UI, UGM, Unair, Unpad, Undip, Unibraw, Unhas, Unand, Universitas Negeri Makassar, serta UNS.

10. Teknik Sipil (IPA)

Teknik Sipil merupakan salah satu cabang ilmu teknik yang mempelajari tentang rekayasa bangunan-bangunan sipil dan juga mempelajari tentang akibat pembangunan bangunan sipil tersebut terhadap masyarakat sekitar dan juga khususnya terhadap lingkungan. 

Bangunan-bangunan sipil merupakan bangunan-bangunan yang tujuan pembangunannya ditujukan untuk kepentingan masyarakat luas.

Prospek kerja teknik sipil sangat luas. Selain berkarya di bidang konstruksi, lulusan teknik sipil juga dapat berkarya sebagai penilai bangunan yang dapat bekerja di bank. 

Lulusan teknik sipil dituntut memiliki perencanaan yang matang dan juga pelaksanaan rencana yang baik.Peringkat perguruan tinggi jurusan paling diminati posisi ke 10 ini adalah ITB, UGM, UI, ITS, Undip, Unhas, Unibraw, USU, Unud, dan Unand.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar