--> Skip to main content

Beberapa Tips Belanja Online yang Harus anda Tau!!! Agar terhindar Dari Penipuan

Tips belanja online
Berbagai tips belanja online yang harus anda lakukan. Pada zaman sekarang berbelanja tidak harus pergi langsung ke toko, dengan perkembangan teknologi sekarang sudah banyak situs-situs belanja online. bagi anda yang suka belanja dan berkeliling banyak tempat kini tidak usah repot lagi untuk berkliling ke berbagai tempat atau toko untuk membeli sesuatu karena sekarang anda bisa melakukannya secara online. Kemudahan yang diberikan setiap tempat belanja online akan membuat anda nyaman dalam berbelanja, terlebih anda bisa melihat jenis-jenis barang lainnya.

Berbelanja online bukan hanya mudah namun dengan membeli barang di dunia maya juga bisa mendapatkan harga yang lebih murah dibandingkan membeli di toko-toko, namun membeli barang secara di dunia maya juga perlu diperhatikan kalau tidak hati-hati kamu bisa saja tertipu, dan bisa juga barangnya tidak sesuai setelah barangnya nyampek ke rumah kamu karena beberapa dikelola asal-asalan dan kadang kala menyediakan barang dengan kualitas di bawah standart.

Baca Juga : Contoh bisnis modal kecil bagi mahasiswa

Bagi yang suka berbelanja online tidak ada salahnya mencoba beberapa tips belanja online yang aman, untuk lebih jelasnya kita simak langsung ya teman-teman.

1. Cek reputasi toko online

Sebelum kita berbelanja ada baiknya kita mengecek reputasi toko online yang akan dikunjungi, banyak situs-situs belanja di indonesia yang sudah mempunyai reputasi yang baik dan bahkan dijamin keamanannya. Ada banyak cara untuk mengetahui reputasi toko online yang akan kita kunjungi itu diantaranya  dengan melihat testimoni dari para pembeli apakah itu positif atau negatif.

2. Membaca keijakan toko online terhadap data pribadi

Dalam berbelanja online hal yang perlu diperhatikan juga yaitu keamanan dari data pribadi kita, jangan sampai data prbadi kita disalah gunakan oleh orang-orang yang tidak bertanggung jawab jadi ada baiknya kita membaca kebijakan di situs belanja tersebut.

3. Memilih toko online yang sudah lama beroperasi

Sudah banyak toko-toko online pada saat ini yang sudah beroperasi, tetapi akan lebih aman jika kita memilih toko online yang sudah lama beroperasi, untuk menekan resiko ini maka akan lebih baik jika belanja di toko yang jam operasionalnya panjang, paling tidak minimal sudah satu tahun.

Baca juga : Cara berbisnis online dengan modal kecil

4. Jangan Tergoda dengan harga murah

Berbelanja online selain praktis juga kalau dilihat dari harga dan biaya operasinal lebih murah. Tetapi jangan pernah tergiur dengan harga murah dan potongan harga yang besar bisa jadi iming-iming harga murah ini hanya menjadi jebakan agar dapat mengelabui konsumen. Tidak ada salahnya anda melihat ulasan dari pembeli sebelumnya: apakah barang yang dijual asli atau palsu.

5. Memiliki pelanggan yang banyak

Apabila suatu toko online memiliki pelanggan yang banyak tentunya sudah tidak diragukan lagi keamanannya karena toko online terbaik tentu akan berupaya untuk menjaga kepuasan dari pelanggan sehingga memberi layanan semaksimal mungkin.

6. Simpan semua bukti transaksi

Simpanlah semua bukti transaksi setelah melakukan pembelian di salah satu toko online mulai dari deskripsi produk, harga barang, kwintansi digital, salinan email antara penjual dengan Anda, serta hal-hal lain yang terkait dengan bukti transaksi yang dilakukan karena ketika barang yang kamu terima tidak sesuai dengan harapan, kamu bisa minta ganti rugi dengan gampang.

Oke teman-teman mungkin sampai disini tips belanja online diatas sudah cukup membantu anda untuk lebih hati-hati dalam berbelanja online. Jadi sebelum membeli sesuatu tidak ada salahnya untuk membaca beberapa tips diatas untuk menghindari hal-hal yang tentunya tidak diinginkan oleh kita. Jika teman-teman mau mencari reffrensi tentang tips dan infomasi lainnya bisa mengunjungi dibaca.NET
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar