--> Skip to main content

Manfaat Globalisasi di Bidang Pendidikan (Kajian Sudut Pandang Positif)

Manfaat Globalisasi di Bidang Pendidikan sering kali kita pertanyakan. Pertanyaan semacam ini muncul diberbagai kalangan, baik muda maupun dewasa.

Globalisasi sendiri merupakan sebuah proses integrasi dunia (internasional) akibat beberapa faktor seperti pertukaran pemikiran, dagang, budaya dan lain sebagainya.

Secara umum, globalisasi erat kaitannya dengan kemajuan teknologi yang terus berkembang.

Teknologi inilah yang kemudian memiliki andil yang cukup besar dalam kehidupan masyarakat dunia, termasuk Indonesia.

Arus globalisasi yang kian hari semakin kuat, menciptakan begitu banyak kemudahan yang diperoleh oleh masayarakat.

.. dan faktor penunjang kemudahan tersebut adalah kemajuan teknologi yang ada.
Manfaat Globalisasi di Bidang Pendidikan

Sekat-sekat antar negara pun seakan kabur akibat teknologi (komunikasi) yang berhasil menghubungkan masyarakat di dalam maupun luar negeri.

Contoh integrasi masyarakat yang bisa lihat adalah interaksi dagang, semisal mencari Product Beauty Soap, yang saat ini mulai digandrungi kalangan UMKM. Salah satu Produk Beatuy Soap tersebut adalah Sabun Kecantikan yang belakangan digemari sebagai usaha rumahan. Tak hanya itu, kemudahan mencari sumber referensi di bidang pendidikan pun kian mudah bagi suatu bangsa.

Dari hal yang disebutkan tadi, sudah tidak asing lagi di masa sekarang. Tidak sedikit guru dan peserta didik mencari sumber-sumber belajar melalui internet.

Banyak Website/Situs Belajar yang mengulas tema pendidikan. Disana, para pelaku pendidikan dapat belajar dan mencari topik pelajaran untuk peserta didiknya.

Dengan kemudahan akses yang ada tersebut, maka alangkah baiknya bila kita kenal lebih jauh manfaat globalisasi itu sendiri.

Indonesia sebagai negara berkembang di Asia Tenggara, tentu harus menyikapi hal ini dengan bijak. Bangsa ini harus pandai melihat Manfaat Globalisasi di Bidang Pendidikan.

Tujuannya, agar generasi bangsa kita dapat bersaing dengan masyarakat dunia di masa depan, khususnya dalam bidang keilmuan.

Lalu, apa saja Manfaat Globalisasi di Bidang Pendidikan?

Berikut ini adalah beberapa Manfaat Globalisasi di Bidang Pendidikan yang bisa kita kenali bersama. 

1. Akses Belajar Menjadi Mudah

Seperti yang sudah kita baca bersama di atas, bahwa internet memberikan kemudahan bagi guru dan peserta didik untuk mengakses materi belajar.

Ilustrasinya : Murid A ingin belajar Simple Present Tense dalam bahasa Inggris. Si A ini ingin menambah wawasannya mengenai materi tersebut.

Maka ia bisa mencari sumber belajar online untuk meningkatkan pengetahuannya.

Alhasil, dengan cara itu ia tentu akan dipermudah dengan adanya internet yang merupakan bagian dari globalisasi.

Bagaimana dengan guru?

Guru pun akan lebih produktif jika melihat manfaat ini. Banyak hal yang bisa dikembangkan melalui media internet.

Mereka bisa mencari materi belajar dan strategi mengajar yang baik untuk siswanya. Tinggal bagaimana para guru menggunakannya.

Selanjutnya, ilustrasi lain sebagai penggambaran kemudahan akses belajar bisa dilihat di bawah ini:

Ilustrasi 2 : Pernahkah kita mendengar E-Learning. Cara belajar ini bisa dikatakan berbeda dari cara belajar formal yang kita kenal.

Karena, cara belajar satu ini memungkinkan siswa untuk belajar di luar ruangan kelas.

Siswa bisa belajar dirumah dengan dipandu seorang guru yang berada jauh disana. Sebuah revolusi belajar yang baru.

Tatap muka antara guru dan siswa terjadi melalui PC atau komputer dengan jaringan internet. Keduanya dapat menjalin komunikasi pelajaran disana.

Walaupun sistem belajar seperti ini memang belum masif digunakan di negera kita.

Namun, bukan tidak mungkin kedepan bakal menjadi opsi yang masif bagi mereka yang memiliki kesibukan padat untuk mendapatkan pendidikan tambahan.

Sebuah revolusi belajar mengajar yang fleksibel di masa depan sedang menunggu kita bersama.

Bagaimana menurut anda?

Terlepas dari apa jawaban anda, hal ini membuktikan bahwa sekat ruang belajar bagi para siswa dan guru mulai tidak ada.

Siswa dengan mudah dapat belajar dimana saja, selama dia mau belajar. Bisa dirumah, taman dan lain sebagainya.

2. Mendorong Keaktifan Belajar Siswa

Dengan melihat fasilitas yang disedikaan dalam internet. Era Globalisasi secara tidak langsung sebenarnya akan membuat siswa aktif dalam belajar.

Mengapa demikian?

Apabila dimanfaatkan dengan baik, siswa dapat berinteraksi dengan pelajar-pelajar di luar sana yang juga memiliki minat beajar seperti mereka.

Entah itu pelajar dalam negeri yang berbeda sekolah, maupun pelajar yang berada di luar negeri.

Mereka bisa saling bertukar pikiran melalui media sosial. Membagikan pengalaman mereka dalam belajar mengenai suatu hal satu sama lainnya.

Globalisasi (teknologi internet) yang ada juga memungkinkan siswa membaca situs-situs yang memuat pelajaran yang diminati atau yang akan mereka dipelajari.

Dengan begitu, mereka lebih aktif belajar sesuka hati tanpa harus keluar rumah. Hanya dengan PC atau Smartphone yang dimiliki, siswa sudah bisa belajar mandiri.

3. Pertukaran Pelajar

Seperti bagian pertama tadi, Pertukaran Pelajar di era globalisasi kian meningkat. Hal ini merupakan bagian dari kemudahan dalam akses belajar serta wujud dari semakin dekatnya dunia dengan mereka.

Seorang pelajar di negara A, bisa mempunyai kesempatan untuk mengenyam pendidikan di luar negeri dan begitu juga sebaliknya.

Manfaat Exchange Students Program tersebut bisa dibilang bagus untuk masa depan, baik segi personal maupun edukasi. Mereka (pelajar) berkesempatan menambah wawasan mengenai dunia luar dan budaya negara lain. Di samping itu, mereka bisa meningkatkan kemampuan bahasa asing serta berpeluang untuk diterima kuliah di luar negeri pada akhirnya.

Sebagai contoh, Australia-Indonesia Muslim Exchange Program (MEP), yang merupakan pertukaran pelajar yang di Australia bagi pelajar muslim di Indonesia. Di sana pelajar akan belajar lebih lanjut tentang masyarakat multikultural Australia.

Program ini adalah opportunity yang bagus untuk mengenalkan toleransi, kerjasama dan penghormatan mutual, serta perbedaan bagi kedua negara. Kalian yang tertarik untuk ikut serta dalam program ini tahun 2019, silahkan klik DISINI.

4. Meningkatnya Kualitas Pendidik dan Pendidikan

Dengan semakin berkembangnya integrasi (Globalisasi) di bidang pendidikan, maka secara langsung akan meningkatkan kualitas pendidik itu sendiri.

Mengapa?

Kemudahan akses pendidikan yang didapat guru, tentu akan membuatnya terus belajar hal-hal baru dalam dunia pendidikan.

Diantaranya:

Bagaimana metode mengajar terbaru yang efektif agar siswa menyerap pelajaran dengan baik.

Bagaimana hasil penelitian terbaru mengenai pendidikan di masa modern saat ini, dan banyak lagi yang lainnya.

Semua hal tersebut akan menjadi ilmu baru bagi guru-guru untuk mengembangkan skill mengajarnya.

.. yang kemudian akan melahirkan prestasi-prestasi yang membanggakan untuk mengharumkan nama bangsa Indonesia.

Di samping hal yang telah disebutkan di atas, guru pula akan dengan mudah mencari info-info terbaru yang berkenaan dengan peningkatan profesionalisme kepegawaiannya.

Salah satunya Info Bimtek Pusdiklat Pemendagri, yang menyediakan bimtek standart kompetensi jabatan PNS.

Dengan mengikuti bimtek tersebut diharapkan para guru nantinya akan lebih paham tentang kompetensi jabatan PNS yang baik.

Lalu, bagaimana dengan kualitas pendidikan?

Kualitas pendidikan akan berkembang dan maju apabila dikelola dengan sungguh-sungguh, dan dasar dari kemajuan itu adalah komitmen pendidik dan pemerintah.

... dan rasanya kita sepakat bahwa komitmen memajukan sebuah pendidikan harus dimulai dari dasarnya.

Di era Globalisasi sekarang, kemudahan akses dan sumber referensi pendidikan harus segera dimanfaatkan dengan sebaik mungkin.

Pendidik yang berhasil memanfaatkan arus Globalisasi dengan baik yang masuk di negera Indonesia akan berperan penting dalam pengembangan kualitas pendidikan.

Membaca hasil penelitian terbaru, membaca metode belajar yang efektif dalam mengajar suatu pelajaran dan ikut pelatihan, yang di kemudian hari bisa dijadikan bahan improvisasi mengajarnya.

Semua hal tersebut jika dimanfaatkan betul akan membawa dampak besar dalam pengembangan kualitas pendidikan di Indonesia.

Terakhir, Pemerintah khususnya Kementerian Pendidikan seyogyanya dapat memberikan perhatian lebih pada arus globalisasi yang ada.

Pengambilan kebijakan dalam bidang pendidikan harus benar-benar matang dilakukan. Agar keputusan yang diambil membawa manfaat bagi kemujuan pendidikan kita.

Pemerintah lebih selektif lagi dalam memberikan insentif, dengan memprioritaskan hal tersebut bagi mereka yang  benar-benar ingin mengambangkan profesionalismenya.

Salah satu cara yang bisa ditempuh adalah menyeleksi guru-guru, baik PNS atau Honorer yang benar-benar berprestasi. Mereka yang betul-betul bagus dalam skillnya, kita harapkan mendapat perhatian yang lebih.

Sehingga dengan cara ini, baik PNS atau Honorer akan berlomba-lomba membawa muridnya menjadi pribadi yang unggul secara akademik maupun emosionalnya.

Kedepan, menghadapi Globalisasi Pendidikan, kita harapkan bersama agar pemerintah lebih seksama dalam mengembangan perannya demi kemajuan dan kualitas pendidikan di Indonesia.

Demikian ulasan Manfaat Globalisasi di Bidang Pendidikan yang bisa kita kenali bersama. Keempat manfaat yang disebutkan di atas merupakan peluang dan harapan kita bersama demi kemajuan bangsa dan negara Indonesia. Sekaranglah kesempatan yang ada ini kita gunakan agar negara ini bisa maju di masa mendatang.

Semoga bermanfaat.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar