--> Skip to main content

5 Makanan Ini Bisa Bikin Kita Tambah Semangat Saat Mau Beraktifitas

Untuk menghadapi padatnya rutinitas sehari-hari tentunya kita memerlukan asupan gizi yang seimbang dan sehat untuk menambah energy dan semangat. Ada banyak makanan yang bisa membuat kita tambah semangat jika dikonsumsi.

Apakah Sobat Sering tidak Semangat? Cobalah memperhatikan asupan makanan Anda. Asupan nutrisi juga turut memengaruhi suasana hati. Untuk membantu Anda mendongkrak semangat. jika sobat merasa semangat menurun setelah seharian beraktifitas, maka silahkan konsumsi beberapa jenis makanan berikut ini untuk memulihkan semangat dan energi sobat.

Ayam dan kalkun

Makanan sumber protein rendah lemak ini kaya akan sam amino yang dikenal dengan tirosin. Asam amino ini beberja meningkatkan kadar zat kimia otak dopamine dan nor-epinephrine. Kedua zat kimia ini bertanggung jawab mengolah motivasi dan waktu reaksi Anda.

Selain itu, tirosin meningkatkan kadar energi dan membantu tubuh dalam mengontrol stres. Studi-studi, seperti dikutip situs lilomag.com, menunjukkan, tirosin bisa membantu mengatasi depresi. Temuan-temuan pendahuluan mengindikasikan manfaat sehat tirosin, bersamaan dengan asam amino lainnya, pada penderita kepikunan.

Baca Juga : Cara Menghilangkan Stres Akibat Lelah Bekerja Seharian

Karena perannya sebagai prekursor nor-epinephrine dan epinephrine (dua hormon utama tubuh terkait stres), tirosin juga membantu meredakan efek merugikan dari lingkungan, psikososial dan stres fisik.

Cabai merah

Capsaicin, kandungan alami dalam cabai, menstimulasi ujung saraf mulut, sehingga menghasilkan sensasi terbakar. Sebagai responnya, otak akan melepaskan endorfin, penghilang sakit alami yang menghasilkan rasa senang sementara. Jadi, semakin banyak Anda mengonsumsi cabai, efek menenangkannya juga akan semakin besar.

Pisang

Pisang menawarkan efek pembangkit mood dengan paduan vitamin B6, A dan C, serat, triptofan, kalium, fosfor, besi, protein dan karbohidrat sehat. Dengan mengonsumsi sebuah pisang, Anda akan mendapatkan energi cepat dari kandungan fruktosa dan energi berkelanjutan dari serat.

Hal ini membantu mencegah naik-turunnya gula darah serta penurunan energi dan mood. Karbohidrat membantu penyerapan tirptofan dalam otak, dan vitamin B6 membantu mengubah triptofan menjadi serotonin pembangkit semangat.

Selain itu, pisang juga kaya kalium. Meskipun tidak berkaitan langsung dengan mood, kalium sangat diperlukan untuk mengatur kadar cairan dan menjaga agar otot tetap bekerja dengan benar, yang membuat Anda merasa lebih berenergi. Di samping itu, pisang juga menawarkan besi, yang sangat penting untuk memproduksi energi dan melawan keletihan.

Baca Juga : Makanan Yang Dapat Mencegah Tumbuhnya Kanker Payudara

Cokelat

Cokelat mengandung berbagai komponen yang diyakini bekerja mengubah biokimia otak dengan cara postif. Cokelat mengandung triptofan, prekursor serotonin, yang berperan penting dalam mengangkat mood.

Sebagian besar obat antidepresi yang diresepkan juga bekerja meningkatkan kadar serotonin. Selain memperbaiki mood, cokelat juga bekerja meredakan kecemasan. Efek ini berasal dari kandunagn GABA, sebuah protein yang mempunyai efek menenangkan suasana hati.

Sereal

Sereal juga bisa membantu meredakan depresi. Sebuah studi yang dipublikasikan di Journal of Epidemiology and Community Health menemukan, orang-orang yang memiliki kadar nutrisi rendah mengalami lebih banyak gejala depresi.

Selain itu, kekurangan asam folat bisa menghambat kerja obat antidepresi. Anda bisa mengatasi masalah kekurangan nutrisi ini dengan mengonsumsi semangkuk sereal kaya besi dan vitamin setiap pagi.

Baca Juga : Buah-Buahan Ini Sangat Cocok Dikonsumsi Saat Sarapan

Itulah beberapa Makanan yang bisa menambah semangat yang bisa dikonsumsi bagi sobat sekalian. Jadi mulai sekarang sobat bisa menyediakan makanan-makanan di atas sesuai selera para sobat sekalian untuk bisa terus bersemangat manjalankan aktifitas sehari-hari. Semoga artikel ini bermanfaat bagi kita semua.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar